Xposed framework




Adalah sebuah aplikasi yang dapat mengubah interface atau tampilan android menjadi semakin keren dan beda dari user lain. Simplenya adalah modifikasi ROM yang kita punya tanpa merubah apk apapun dan juga melakukan flashing.

Di atas adalah fungsi umumnya. kalau bagi saya exposed adalah aplikasi yang sangat berguna untuk mengaktifkan fitur experimental dari Greenify. 

Adapun syarat mutlak untuk menginstal Xposed framework adalah android harus dalam keadaan root. Sementara untuk yang OS Lollipop ke atas, tambah satu syarat lagi yaitu TWRP.

Tutorial Instal Expose untuk android OS kitkat dan yang dibawahnya
  1. Download dan instal aplikasi Exposed Installer => Exposed v2.6.1 - Mirror <= 711kb.... Saya ambil versi yang ini, karena stabil.
  2. Buka Exposed Installernya, kemudian ke menu framework lalu pilih Instal/update
  3. Tunggu sebentar saat melakukan proses Instalasi. Setelah selesai, Restart atau reboot android untuk penginstalan yang sempurna.

Bahan Instal Xposed untuk Android Lollipop 

File apk yang instal seperti biasa
- Xposed Instaler apk => XposedInstaller_3.0_alpha4 - mirror <= 600kb

File zip yang di instal lewat twrp/cwm
Tutorial instal Xposed android Lollipop
  1. Download bahan di atas, Pilih salah satu file.zip yang sesuai dengan arm teman-teman. Untuk j5 pilih sdk 22 arm.zip
  2. Simpan file zip di folder terluar sd card.
  3. Masuk TWRP/CWM, lalu instal "file.zip" yang sudah didownload
  4. Proses reboot memakan waktu yang lumayan lama, sekitar 10 menit tergantung banyaknya aplikasi yang terinstal di android.
  5. Jika gagal/bootloop, segera uninstal dengan uninstaler "file.zip" yang tersedia di atas sesuai dengan "Instaler.zip" yang telah terinstal.
  6. Instal "file.zip" sukses, segera instal XposedInstaler v3.0 alpha 4. 
  7. Selamat, kini Android Lollipop teman-teman sudah terinstal Xposed
Untuk mengetahui "file.zip" Xposed mana yang mau di instal. Cari saja info di forum android yang teman-teman pakai. Andai kata salah instalpun, bisa di uninstal lewat file uninstalernya.

12 Responses to " Xposed framework "

  1. bang cara instal dengan cara lain ada gk takut nanti terjadi bootloop nanti soalnya hh saya pernah bootloop dengan cara itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kayanya gan. Kalau kaga salah pake xposed instaler. Cuman ane lum pernah nyoba, tapi kayanya lumayan aman, cuz di grup xiaomi yang saya ikuti banyak yang instal n aman.

      Delete
  2. Andromax a download yg mana min.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aplikasi ginian, mending cari di grup FB aja gan. Ntar kalau keliru akibatnya bisa bootloop.

      Delete
  3. Twrp/cwm itu apa min? Sebenarnya sih saya td mau Download apk obb on sd tp syarat nya harus ada xposed framework tapi saya bingung cara pasang nya gimana :v Android saya lollipop sudah di root kok min

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu custom recovery gan. Kalau di sini berguna untuk instal file dalam bentuk zip ke sistem.

      Tapi memang di perlukan sih, soalnya untuk backup Nandroid pas instal Xposed. Soalnya saya sudah 2 kali bootloop instal xposed di HPnya teman yang minta tolong instal. Untung di backup.

      Delete
    2. Oh iya kayanya saya pernah dengar ada xposed instaler untuk HP os Lolli ke atas deh. Download/ instalnya hati2. Pastikan sesuai dengan HPnya. Karena seperti di atas, xposed ada beberapa macem.

      Delete
  4. Gan cara install custom Rom gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih lewat CWM atau TWRP. Tapi tiap cusrom kadang ada sedikit perbedaan cara instal. Tapi kebanyakan full wipe dulu biar fresh.

      Delete
  5. kalo grand prime 5.0.2 pake yang mana nih gan?

    ReplyDelete