Resurrection Remix!?? Ternyata memang ringan nih Cusrom.



androidgamegratisan.blogspot.com

Custom rom adalah sebuah hal yang umum di bahas saat ini. Ada berbagai alasan seorang user android menginstal Cusrom di HPnya. Misalnya untuk upgrade OS lebih tinggi di HP mereka yang tidak mendapatkan update OS secara resmi dari vendornya. Atau bisa juga karena merasa bosan akan tampilan dan fiturnya. Selain hal tersebut, anggap saja saya tidak mampu beli HP Naugat hehehe๐Ÿ˜‚

Nah!!! karena beberapa alasan itulah saya menginstal Cusrom di S5 saya. Dan memilih Resurrection Remix karena rom ini konon lebih ringan dari stockrom. Mungkin jadi lebih lancar untuk main game kali ya. Kemudian setidaknya dengan rom ini, saya dapat merasakan android dengan OS Naugat. Dari pada S5 saya jadi terbengkalai dan tidak tersentuh seperti J5. Mending saya utak atik. Soalnya makin kesini, R4P lebih cocok untuk nyobain game. 

Kesan pertama untuk RR rom ini adalah ringan. Dan memang benar, rom ini ternyata lebih ringan dari pada stockrom. Ya wajar sih, karena aplikasi sistem yang terinstal di cusrom ini lebih kecil dari stockrom. Tapi ada banyak modifikasi dari rom ini. Bahkan dengan rom ini saya bisa melihat data yang keluar masuk layaknya di Xiaomi, salah satu fitur yang saya sukai hehee. 

Panel lingkaran juga ada, sebuah fitur yang membuat kita bisa mengakses aplikasi yang kita inginkan dengan mudah. Anggap saja fitur ini layaknya shorcut aplikasi, tapi tampilannya lebih keren ๐Ÿ˜€. Yang paling penting adalah user interfacenya yang sangat berbeda dari pada stockrom. Jadi mempunyai kesan jika memegang HP yang berbeda.

Tapi sayangnya, dengan menginstal cusrom di S5 milik saya, itu berarti saya juga harus merelakan salah satu fitur yang saya sukai. Yaitu game tuner. Meskipun bisa saya ganti dengan second screen. Tapi saya kehilangan kepraktisannya. Sebenarnya ini adalah hal vital untuk memainkan game yang berat dan game lawas yang memerlukan resolusi layar kecil.

Untungnya di rom ini saya bisa menginstal Xposed. Jadi saya masih bisa memainkan game dengan data/ obb di external sd card. Untuk akses root, kali ini saya menggunakan magisk. Ada satu alasan saya menggunakan magisk, yaitu saya bisa menyembunyikan status rootnya. Jadi ya dengan cara ini, saya bisa memainkan game-game yang menolak akses root. Tapi ternyata, dengan magisk saya jadi tidak bisa menggunakan foldermount ๐Ÿ˜ฅ. Ternyata foldermount hanya bisa dilakukan jika akses rootnya SuperSU. Dalam hati " oh iya ya ๐Ÿ˜ฑ" Ada kelebihan tentu ada kekurangannya.

Tapi secara keseluruhan,saya cukup puas dengan rom ini. Sejauh ini belum menemukan bugnya. Bahkan bluetooth yang katanya tidak berfungsi di rom ini, ternyata bisa. Bluetooth saya tes untuk kirim file dan mengkoneksikan headset. Padahal sudah siap kalau ga bisa. Data, wifi dan hotspot juga lancar. Booting juga jauh lebih cepat dari stockrom, keren nih rom. Satu-satunya yang di sesalkan adalah merelakan aplikasi game tunernya. 

Cara instalnya layaknya instal custom rom lainnya
  1. Pastikan di S5nya sudah terinstal TWRP 3.xx atau terbaru. 
  2. Backup dulu dengan TWRP kalau mau. 
  3. Siapkan bahan-bahannya, RR Rom, Gapps (Arm 7.1,  serah mau pilih full atau bahkan pico), Download root image (Bisa pilih superSu atau Magisk, masing-masing ada kelemahan dan kelebihannya) dan Volume mods (sarannya sih v1 Lite)
  4. Kemudian masuk TWRP dan wipe system, cache, dan dalvic cache.
  5. Lalu Wipe data/ factory reset (Optional bagi yang sudah terpasang cusrom, tapi wajib jika instalnya dari stockrom)
  6. Baru deh instal rom RRnya, lalu Gapps, Magisk/ SuperSU, Volume mod dan terakhir reboot ke sistem (Usahakan flashnya di lakukan secara berurutan, mulai dari flash romnya hingga terakhir Volume modnya)
  7. Reboot pertama perlu waktu yang sedikit lama. Cuman saya tidak tahu berapa lamanya, karena saya tinggal bikin kopi hehee. Tahu-tahu sudah masuk menu๐Ÿ˜. 

Bahan-bahannya (links langsung saya arahkan ke sumbernya)
  1. Rom Resurrection Remix Pilih yang sesuai tipe dengan S5 Miliknya. Jangan sampai salah ya!!!
  2. Gapps
  3. SuperSU & Magisk (pilih salah satu)
  4. Volume mod

TAMPILAN
Tampilan HSnya pakai Pixel Laucher
sebenarnya ada 3 launcher di rom ini
yaitu, Trecuchet milik CM, Pixel, dan Google
Alasan paling mendasar pindah rom
adalah tampilannya yang berbeda
- Ya setidaknya dapat merasakan
Nuansa HP baru di HP lama hehehe
๐Ÿ˜-
Bisa mengoprasikan dua aplikasi
 secara bersamaan
- fitur yang nanggung sebenarnya-
Kenapa tidak di buat multi window sekalian  ya?
androidgamegratisan.blogspot.com
Ada panel lingkarannya loh
- Jadi salah satu fitur yang saya sukai -
Tampilan menunya

Jika tertarik, lakukan dengan resiko masing-masing alias DWYOR. Selalu ada resikonya. terus terang saya dua kali mencobanya baru berhasil. Karena file zip romnya korups pas download pertama kali hehee, cerobohnya karena tidak saya cek, eh error pas proses instalasi. Lihat?!! internet yang saya rasa lumayan cepat dan stabilpun kadang menghasilkan download'an korups.

Terima kasih untuk teman-teman yang rela mampir di blog cupu ini.

26 Responses to " Resurrection Remix!?? Ternyata memang ringan nih Cusrom. "

  1. Replies
    1. Ya kaga bisa. Tiap HP punya rom yang berbeda. Tapi kayanya RR Rom rata2 ada di semua merk dan tipe HP. Coba cari deh di google atau Forum seperti XDA.

      Delete
  2. Mau nanya kalo gak sesuai merek hp bisa gx gan

    ReplyDelete
  3. Min,request game ShaqFu:a legend reborn,game arcade keren,ditunggu๐Ÿ˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marin sudah main. Memang seru. Cuman di saya loadingnya sedikit lama pas buka gamenya. Jadinya ragu mau bikin postnya.

      Delete
  4. Buat yg mo nyoba khsus oreo download sesuai hp masing2
    https://sourceforge.net/projects/resurrectionremix-oreo/files/?source=navbar

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Wah,ternyata ada device yg sama dg ane๐Ÿ˜‚
      Agan asus nya di root pake apa?

      Delete
    2. Yang di atas filenya khusus S5. Kalau Asus atau tipe lainnya cari di Google. Cari rom yang agan suka. Cuman sebelum instal cek dulu di kolom komentar, bugnya apa, n kesmooth'annya.

      Delete
    3. asus x014d aja twrp belom ada
      apa lagi custom rom ๐Ÿ˜‚

      Delete
  6. kq aneh bro j7core ku yo tk root nggae magisk tpi iso nggae foldermount

    ReplyDelete
    Replies
    1. La nyatane ga iso om :'. Notif'e di kon nggo SuperSU. Trus pas tak nggo njajal ngonekne folder ga iso :'

      Delete
  7. Replies
    1. La iyo hehehe. Wes ga sah di pikir. Nggolek aplikasi sak liyane foldermount kethok'e enek.

      Delete
  8. Mao...tpi sayang blom ada buat versi g900h T_T

    ReplyDelete
  9. Ada cara buat unlock bootloader tanpa pc gak?heee

    ReplyDelete
  10. Mau nanya bang kan HP ku ada NAVIGASI BAR nya nah kalau ganti costumrom
    NAVIGASI BAR nya bakalan hilang ga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang gan, Biasanya di cusrom ada pengaturan navigasinya gan. :)

      Delete
  11. kalo saya sih pake Dot Os v1.2 Nougat di R2P.
    enak buat game Smooth banget , baterai Awet dan fast charge
    cocok buat tast game gan

    ReplyDelete
  12. gan maksud dari volume mod apa ya ?

    ReplyDelete