Akhirnya Bisa main PS2 Dengan Flashdisk Guys!



androidgamegratisan.blogspot.com

Akhirnya bisa juga saya memainkan PS2 dengan flashdisk. Namun sayangnya kali ini saya harus membeli Free MCboot karena ternyata bukan cuma tray disc PS2 saya yang rusak, tapi juga optiknya. Cd Ulaunch yang dulu saya buat dan gunakan iseng tuk buat free MC boot sudah tidak bisa digunakan. Kemudian saya coba pastikan dengan memainkan beberapa game kaset dengan kondisi bagus ternyata juga kaga bisa. Jadi fix, optic PS2 saya udah lemah atau malah rusak. Terpaksa beli Mc Boot dengan harga RP 27.000. 
androidgamegratisan.blogspot.com
Ada gunanya juga Flashdisk 32GB saya selain
 tuk nyimpan film hehee. Meskipun hanya
muat 7 game aja
😂
Alternatif yang lebih hemat dari pada saya harus memasanginya HDD internal. Ada lebih banyak hal yang harus di beli, yaitu HDD PC IDE, Network Adapter (NA) dan Adapter usb to IDE Sata. Hal yang mudah sih, karena kebetulan PS2 saya udah terpasang Modchip meski masih Mobo 3.0. Tapi jika di hitung-hitung biaya isengnya jadi sekitaran 200'an ribu. Mending saya pake Mc Boot dan flashdisk, cuman keluar uang 27 ribu doang hohoho.

Dan ternyata bisa guys. Namun ya itu, untuk memainkan PS2 dengan Flashdisk ini ada kelemahannya. Yaitu FMV game yang kadang patah-patah. Karena emang slot USB di PS2 masih v1.0. Jadi punya tranfer rate yang rendah. Namun tetap playable kok, karena gameplaynya lancar dan kaga ada masalah. Akhirnya saya bisa memainkan game PS2 yang dulu tidak pernah saya mainkan. Tapi kayanya lebih worth it pake HDD Internal dah. Loadingnya lebih cepat dan lebih banyak game yang kompatible. Kemudian, ada kendala lainnya. PS2 ini ternyata grafisnya pecah di TV LED. Di luar dugaan dan sedikit mengecewakan 😐. Tapi ya bodo amat. Lama-lama juga saya akan terbiasa.
androidgamegratisan.blogspot.com
Gambarnya kurang tajam karena pake kabel RCA,
Punya kabel komponent tapi sayangnya TV saya sekarang
kaga ada colokan untuk kabel komponentnya 
androidgamegratisan.blogspot.com
Kerennya kita bisa buat Virtual Memory Card loh
 di Flashdisk, Jadi kita bisa simpan progges game
 kita langsung ke Flashdisk
Pots unfaedah dari pada tidak bikin post. Maunya libur, eh tapi kok jadi membosankan ya! Akhirnya ngetik-ngetik ga jelas kaya gini. Kali aja ada yang ingin memainkan game PS2 tapi Optic PS2nya dah lemah atau K.O. Kalian bisa memainkannya kembali lewat Flashdisk ataupun HDD External. Atau mungkin untuk sekedar keisengan yang menyenangkan 😊.

Alat-alat:
  1. Free Mc Boot. Ini sebenarnya hanyalah mmc PS2 biasa yang didalamnya udah terinstal OPL agar bisa memainkan game di Flashdisk. Bisa di buat sendiri kalau opticnya masih bagus dengan CD/ DVD ULAUNCH. Atau kalian bisa membelinya di toko PS terdekat. 
  2. Flashdisk atau HDD EXT dengan format fat32. Wajib!

Bahan-bahan:
  1. USButil, software tuk ngisi gamenya. (GDrive - Zippyshare = 2.15mb)
  2. File system <- taruh aja di flashdisk. Fungsinya agar game yang kita taruh di Flashdisk ke baca di PS2 ntar. (GDrive - Zippyshare = 2.26mb)
  3. Iso/ rom ps2, kalian bisa mencarinya di coolrom atau web sejenisnya. Sejauh ini game yang saya dapat dari situ work semua.
  4. OPL Compatibility, sebelum download cek dulu kekompatibelan gamenya.
  5. Jangan lupa defrag dulu FD/ HDD EXTnya sesudah isi game. Penting ga penting sih. Berguna untuk menghindari stuck dan error saat membuka gamenya nanti. (GDrive - Zippyshare = 7.73mb)

Cara ngisi gamenya
  1. Buka aplikasi USButil di PC atau Laptop kalian. Tenang, ini adalah aplikasi portable, jadi kaga perlu di instal.
    androidgamegratisan.blogspot.com
  2. Kemudian klik file, pilih menu Create game from Iso
    androidgamegratisan.blogspot.com
  3. Nah cari dah tuh iso kita di kolom "from". Dan "to" adalah tujuan dari file olahan gamenya. Tentu saja adalah FD/ HDD EXT kita. Di sini kita bisa menambah satu atau beberapa game sekaligus. Untuk lebih jelasnya, cek ss di bawah.
    androidgamegratisan.blogspot.com
  4. Pencet create dah tuk eksekusi. Tunggu dengan sabar. Bisa puluhan menit tuh, tergantung dari banyak dan ukuran dari game yang kita masukkan. 
    androidgamegratisan.blogspot.com
  5. DONE. Saatnya mencobanya di PS2 kita 
Akhirnya saya bisa memainkan game Shadow of The Colossus, Kuon, Haunting Ground hehehe. Kerennya pake cara ini, kita bisa mensave game kita dengan VMC. Yaitu virtual memory yang berada di FD/ HDD EXT kita.

20 Responses to " Akhirnya Bisa main PS2 Dengan Flashdisk Guys! "

  1. gw kira emulator portable yg dimainin di pc min, eh trnyata hrus pny ps2 dlu,, ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee, Yups. Untuk yang PS2nya terbengkalai karena optic dah lemah atau tewas

      Delete
  2. Bang game gua maen game Naruto kok stuck di loading terus ya?? Apa emg gamenya gak kompatible di flashdisk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di OPL Compatibility. Terkadang ada game yang jalan jika kita mengaktifkan mode tertentu. Tuh pada pilihan game tekan aja segitiga, ntar akan muncul angka 1-9.

      Delete
  3. https://www.google.com/amp/s/apkgk.com/id/amp/com.ftaro.caocao.google game offline cina kayak dynasti warrior versi rpg

    ReplyDelete
  4. Sorry min nanya di mari,» Til Morning's Light v2.0 langsung Fc di Jelibin adreno 305 .apaya penyebabnya? ,apa karna hape ane dah root ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga tahu. Tapi harusnya bisa loh. Soalnya spek HPnya hampir sama dengan J5 saya. N ga ngaruh dengan root, soalnya sejak awal HP J5 saya juga udah saya root xD

      Coba di reinstal deh. Kalau OSnya Marshmallow ke atas coba cek izin aplikasinya.

      Delete
  5. kenapa gak main di pc aja bang pake emulator hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kan karena penasaran bisa kaganya saya membuat PS2 saya main pake Flashdisk. Mungkin ntar mau saya coba pake internal. N hal ginian itu menyenangkan xD

      Delete
  6. Kalo di pc emulator buat ps2 yg bagus apa ya, gua pengen banget namatin game shadow of colosus, di hp kagak bisa, masa di pc kagak bisa juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adakah yang bisa bantu? Kalau saya sih tetep PCSX2 yang paling ringan. (Setahu saya loh)

      Delete
  7. Bisa mainin ps1 juga gan dengan flashdisk, pake popstarter yg support sama OPL terbaru:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups. Itu juga akan saya bahas di post lain ntar :)

      Delete
  8. Hhhh saya dulu biasa main pakai flash disk min...dulu kalau mau bosen ya ngisi game lewat flash disk satu game dulu harganya 1rb wkwkw murah tapi nunggu nya yg lama hhhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngisinya emang lama xD hehee. Murah banget kalau 1 rb. Dari pada download mending beli. Bawa aja HDD EXT, trus ambil besoknya hehee.

      Delete
  9. Linknya pada nati gan

    ReplyDelete