Tips Stik PS3 OP/ KW Tahan Lama


androidgamegratisan.blogspot.com

Post yang saya buat untuk bersenang-senang. Yang kali ini berhubungan dengan Stik PS3 op/ kw. Stik bawaan dari PS3 Super Slim yang saya dapatkan kemarin. Saya putuskan untuk merawat dan menggunakannya. Memang dari segi kenyamanan jelas terasa bedanya, tapi dari pada jadi sampahkan ya?! Tujuan lainnya biar yang stick om/ orinya lebih awet, sekarang susah nyari DS3 yang benar-benar ori. Stick ori khusus buat main game yang perlu motion sensornya. Satu kendala yang benar-benar mengganggu dari stik kw milik saya adalah baterainya. Cepat habis Bro 😑.

Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mengganti baterainya. Bukan dengan baterai stik kw, karena sama aja dong ntar. Juga dengan baterai stik ori, soalnya ga muat di boardnya. Tapi dengan baterai HP jadul, yaitu baterai BL-5c. Info yang saya dapatkan dari forum FB yang saya ikuti, ada yang mensharenya. Harga lebih murah dan amperenya lebih besar. Jujur saja ya, karena post di forum itulah saya tertarik melakukan hal yang sama. Rasa penasaran dan untuk sebuah kesenangan. Baterai yang ternyata bisa mudah saya dapatkan dari counter dekat rumah, dengan harga cuman Rp16.000.

Untuk mengganti baterai stik PS3 kita hanya membutuhkan obeng plus kecil dan solder. Dua benda yang untungnya sudah tersedia di rumah. Ya udah deh, langsung eksekusi. Bongkar stiknya dan cabut beterai dari stiknya. Trus gunting kabel penghubungnya dan oper ke baterai BL-5c. Jangan salah taruh loh, antara kebel plus dan minusnya. Ada tulisan kecil di baterainya, mana kabel yang plus dan mana yang minus. Biasanya kabel yang berwarna merah adalah plus, dan yang hitam adalah minusnya. Taruh sesuai tempatnya. Di baterai BL-5c juga tertulis mana tembaga untuk plus dan minus. Yang tembaga tengah jangan di pikirin, karena dari info, itu hanyalah untuk indikator kapasitas baterai.

androidgamegratisan.blogspot.com
Yang kiri adalah baterai dari stik kw
androidgamegratisan.blogspot.com
Kapasitas daya yang 2 kali lebih besar
androidgamegratisan.blogspot.com
Hati-hati, pas pasang jangan sampai ketukar
 kabel plus minusnya
androidgamegratisan.blogspot.com
Mudah di pasang. Karena emang pas dengan
board PCB stik PS3 kw 

Mudah bukan? ga ada 5 menit juga udah kelar ini. Tapi mainpun bisa lebih tenang dan santai, karena saya tes daya tahan baterainya nyampe 8 jam'an. Main 3 kali dalam waktu 3 hari. Ya kali, saya main langsung sampai 8 jam?!. Biasanya dengan baterai lama antara 2,5 - 3 jam'an. Wajar dong, selain baterai lama yang mungkin udah tidak sehat, juga kapasitas baterainya lebih kecil. di mana baterai bawaan hanya 500 mAh, kapasitas BL-5c lebih besar 2x lipatnya, yaitu 1020 mAh. Refresing banget bahas ginian njirr. Sekian dan thanks banget atas kunjungannya ke blog cuvu ini guys!

13 Responses to " Tips Stik PS3 OP/ KW Tahan Lama "

  1. Saran Game on/of yg support gamepad

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Langsung aja - https://androidgamegratisan.blogspot.com/2019/12/shadowgun-thd-apk-data.html

      Delete
  2. Gan mau tanya,nyambung stik ps3 ke ppsspp pc gimana ya caranya???

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Lebih mantul lagi ditutupin pake kapton tape atau kalogak isolasi kabel biasa biar lebih aman gann

      Delete
    2. Kayanya emang iya si. Lebih aman kalau di tutup.

      Delete
    3. iya gan biar ga nyentuh langsung dengan boardnya,soalnya baterai cenderung panas kalau pemakaian lama gan.

      Delete
  4. Gan ane butuh bantuan nih, PS3 ane CFW 4.84, ane isi game RE6 region Europe (BLES 14065).

    Masalahnya gan, pas pertama main ada keterangan "Cannot create save data" jadi gamenya ga bisa disave. Ane paksain main sampe lumayan jauh, Leon campaign area sewer (gorong2) ga muncul2 tu icon auto savenya.
    Terus ane matiin PSnya, ngulang lagi dr awal tutorial gan 😭

    Ada solusi ga ya gan soal cannot create save data tadi itu 🙏

    Game2 lain yg ane download dan isi sendiri seperti SH Downpour ga da masalah sampe tamat mainnya, The Last of Us jg ane lg main sampe jauh ga da masalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ps3 nya apa gan?, fat, slim atau super slim?

      Delete
    2. Kayanya emang dari file gamenya ini. Beberapa user ada yang ngalamin juga soalnya.

      Delete