Tips Download Aman! Yang Bisa di Resume


androidgamegratisan.blogspot.com

Sebuah info yang sejak dulu sangat ingin saya bagikan kepada para teman pengunjung di blog ini. Ada beberapa keluhan yang mengatakan kalau download'an mereka terputus dan tidak bisa di lanjutkan atau di resume. Saya tahu itu sangat menyebalkan, sayapun juga terkadang mengalaminya. Namun saat ini bukanlah masalah. Ada cara untuk mengatasinya. Bahkan ada beberapa cara sebenarnya. Namun di sini akan saya bagikan cara yang paling mudah dan aman dari kata korup. Sejauh saya mencobanya, yang entah untuk download game ataupun film, semuanya berlangsung lancar. Yaitu dengan memakai sebuah aplikasi IDM.

Kebetulan sekali, saat kemarin mau mendownload versi terbaru dari game Infinity Souls, download'an saya macet di 99% alias kurang dikit lagi selesai. Jadi ingat saya, kalau belum mensharenya di blog ini. Hal pertama yang harus kalian lakukan tentu saja mendownload aplikasi IDM, yang tersedia gratis di Playstore. Nah download deh file yang kalian inginkan dari IDM ini. Syukur kalau download'an selesai tanpa kendala. Namun jika terputus dan tidak bisa di resume langsung. Cekidot!!! Lihat cara di bawah ini. Sekalian dengan gambarnya agar bisa mudah kalian pahami.

  1. Pencet titik 3 di sebelah kanan download'an yang terputus untuk memunculkan menu.
    androidgamegratisan.blogspot.com
  2. Kemudian pilih menu "Segarkan tautan di peramban" untuk mereload halaman tempat kita mendownload. Opsional sih ini. Bisa langsung menuju peramban/ browser di IDM kalau masih menyimpan halaman downloadnya.
    androidgamegratisan.blogspot.com
  3. Download filenya seperti biasa, namun kali ini akan muncul pop-ups yang berisi 2 menu. Tentu saja pilih menu yang atas "Perbarui tautan unduhan yang ada" untuk melanjutkan download'an kita yang terputus.
  4. Lanjut deh download'an kita dan tunggu hingga selesai. Tapi kalau download'annya putus lagi, lakukan langkah serupa mulai dari no 1 (Langsung ke no 2 kalau masih menyimpan halaman downloadnya).
    androidgamegratisan.blogspot.com
    androidgamegratisan.blogspot.com


Mudah bukan? Tidak hanya di Google Drive, bahkan di file share lainnya semisal Mediafire dan Zippyshare bisa juga loh. Jadi download'an putus bukan lagi menjadi masalah yang menyebalkan.

57 Responses to " Tips Download Aman! Yang Bisa di Resume "

  1. emang keren ni app,, gw download file 7gb.. di pause mungkin lebih dari 10x,, file-nya gak korup.. bahkan gak pernah mengalami korup kalau download pake ni app..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7gb download apaan anjim besar bet :V

      Delete
    2. Game PC kan sekarang gede2 Bro. Game PS3 aja pernah saya download juga size segitu, mpe internal nyesek xD/ Mau taruh di sd card/ ext ga bisa. Barang kali emang formatnya fat32 yang ga bisa buat nyimpen file lebih dari 4gb

      Delete
  2. Wah cocok buat download file yang gede tapi WiFi/jaringan pas lagi lemot. Aku sering pas WiFi lemot gitu berhenti sendiri pas dilanjut eh malah download gagal >:V

    ReplyDelete
  3. Kalo ane sih dri dlu sring keputus tengah jalan tapi atasinnya simple cuma pake ZArchiver, aplikasi untuk browsing and download nya pake UC Turbo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lum pernah nyoba cara ini. Tapi kalau di UC pernah juga pake cara merename/ memindah file download'an lama.

      Delete
  4. Pake adm juga enak sih
    Tinggal balik ke link, trus download lagi entar auto resume

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang sama kayanya (Fungsi dan fiturnya). Cuman mungkin devnya beda jadi namanya juga beda

      Delete
  5. Kalo aku pakai cara ini
    1) Pause unduhan.
    2) Pergi ke Unduhan, lalu berkas, kemudian cari folder tempat file tersebut didownload.
    3) Setelah ketemu, kan ada 2 file, ubah nama kedua file tersebut (Misal: fak.zip ubah jadi fak.zipaaaa dan fak.zip.cfg ubah jadi fak.zip.cf)
    4) Lalu hapus unduhan (jgn hapus berkas).
    5) Download ulang file tersebut.
    6) Setelah sekitar 100kb, langsung Pause aja.
    7) Pergi ke folder tempat file tersebut didownload, kemudian hapus file yang baru (Misal: kan jadi ada 4 file tuh, hapus aja file fak.zip & fak.zip.cfg)
    8) Lalu ubah nama file yang tadi di rename, menjadi seperti semula (contoh: fak.zipaaa jadi fak.zip begitu juga yang satunya)
    9) Lalu lanjutkan unduhan
    10)Unduhan berjalan kembali
    Tapi mau coba caranya Abang kayaknya lebih simpel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, pernah juga saya pakai cara ini. Sebelum nyoba pakai IDM.

      Delete
  6. Mau request game offline lagi bang,,,rush hour 3d sama tacticool shooter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama game pixel offline summer catcher

      Delete
    2. Summer Catcher udah saya share di sini. Bahkan kemarin baru saja saya update versinya.

      Delete
    3. Iya bang,berarti tinggal yang lain

      Delete
  7. Replies
    1. Lum nyoba, tapi ada fiturnya download lewat torren.

      Delete
  8. Rekomendasikan setting "God of War - Ghost of Sparta" PPSSPP agar tidak Lag.

    Saya sudah coba setting tapi masih Lag.

    My Device :

    Android 6.0 (Marshmallow),
    Funtouch 2.6
    Chipset Mediatek MT6750 (28 nm)
    CPU Octa-core (4x1.5 GHz Cortex-A53 & 4x1.0 GHz Cortex-A53)
    GPU Mali-T860MP2
    Ram 4 GB

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adakah yang bisa bantu? Barang kali yang punya device serupa

      Delete
  9. wkwkwkwk saya sudah tahu lama ini. tapi tergantung juga jenis linknya bang kalau ga support resume percuma diupdate linknya.

    request review perbandingan dong ala bang hari antara idm free dengan iklan sama aplikasi download navi yang opensource dan tanpa iklan. bagusan yang mana. https://f-droid.org/en/packages/com.tachibana.downloader

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lum bisa bandingin, saya aja hanya nyoba yang free ini. Tapi ide yang bagus

      Delete
    2. Salah tangkap saya xD kirain suruh bandingin yang free dengan Pro. Ternyata dengan aplikasi di atas.

      Tapi ok dah. Malah bagus kalau tanpa iklan

      Delete
  10. entah kenapa di versi baru developernya rebranding nama aplikasinya jadi 1dm padahal sudah pas namanya idm. cocok saya dengan nama lamanya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga ya xD Entah kenapa. Saya juga aneh dengan namanya.

      Delete
    2. kyk karena copyright gan sama internet download manager yang ada di pc, soalnya singkatannya sama2 idm dan kayaknya aplikasi ini emang niru idm yang ada di pc, kenapa namanya jadi 1dm karena angka satu bentuknya mirip dengan huruf i kapital

      Delete
    3. @Deny.code saya kira yg di android itu besutan developer idm versi pc juga tapi ternyata bukan. padahal sama sama bagus.

      bisa dipahami kalau alasannya seperti itu. rada ribet kalau masalahnya sudah klaim copyright xD

      Delete
  11. Kabar gembira gan, ff7 termasuk semua spinoffnya (before crisis, crisis core, dirge of cerberus) bakal di remake ke satu game final fantasy ever crisis berbentuk episodic untuk ios ama android + bakal ada game battle royale ff7 the first soldier sama untuk ios dan android

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ff7 Ever Crisis tadi udah saya share videonya di grup FP hehee. Kayanya emang bakal keren nih

      Serial FF7 kayanya emang sedang di exploitasi habis2an.

      Delete
    2. Trailer gameplay udh ada, mantap dah

      Delete
    3. Grafisnya aja bagus,,Udah pasti ukuran gamenya lebih besar dari final fantasy XV pocket edition

      Delete
    4. Harganya pun mungkin lebih mahal dari versi biasa di playstore

      Delete
    5. Kayanya, ini adalah panggilan jiwa untuk meminang device yang baru. hehee

      Udah jelas pesimis bisa memainkannya dengan device yang ada saya. Size udah pasti gede ini, dengan grafis gila parah menurut saya. Udah pasti juga berat (Moga dugaan saya salah)

      Tapi kalau free to Play? Buyarrr! Sambil teriak "Terkutuklah kau Square Enix" hehee. Ya meski ga ada hak juga tuk protes. Terserah developer mau buat gimana nantinya.

      Delete
    6. Paling paling episode pertamanya gratis, selanjutnya beli, sama kyk game episodic lainnya

      Delete
    7. Ada kemungkinan juga ke arah situ. Seperti FF15 PE kemarin

      Delete
    8. Kotak Enix lagi memerah susu

      Delete
    9. wkwkwkw Bener. Mumpung lagi hipe kan.

      Delete
  12. Game PSP sama beratnya dengan Game PS 2 ya?

    Saya main Game PS1 ringan saja, tanpa disetting.

    Yang bermasalah Gamenya atau Device Saya yang Singkong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau game psp tergantung kompatiblelitasnya sama emulator ppsspp nya gan contoh game god of war di ppsspp rata2 pasti ngelag walaupun di device dengan spek yang mumpuni tapi ada juga game yang grafisnya gak kalah bagus contohnya 3rd birtday itu rata2 gameplaynya smooth di hampir semua device gan

      Delete
    2. Saya setuju sama pendapatnya Agan Deny.code nih. Untuk PSP emang tergantung juga dengan gamenya. Beberapa game berjalan ringan, namun ada beberapa lainnya yang berat.

      Saya juga setuju pendapatnya Agan Shirakata69, game yang berat di emu PPSSPP bisa berjalan lancar di device yang speknya tinggi

      Delete
  13. Biasaan pake uc browser,download di gdrive gk bisa di resume..
    Udah ukuran gede,gk bisa di resume.
    Eh pas berhasil download,ternyata pas mau di mainin game nya gk kompatible..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih biasanya pake cara ini gan :
      1. Buka File Manager, kemudian masuk ke folder UCDownloads
      Cari file unduhan yang belum selesai terunduh semuanya dan file berekstensi .cfg, sebagai contoh file_unduhan.zip dan file_unduhan.zip.cfg

      2. Pindahkan kedua file tersebut ke folder lain, pengguna dapat membuat folder baru di lokasi yang sama, kemudian memindahkan kedua file ke dalam folder baru tersebut

      3.Setelah itu, buka UC Browser dan ulangi mengunduh file tersebut,
      Tunggu hingga proses unduhan berjalan 2 sampai 5 persen, jika sudah maka pause proses unduhan

      4. Masuk ke File Manager lagi, dan hapus dua file unduhan di folder UCDownloads seperti sebelumnya

      5. Pindahkan dua file yang telah dipindahkan sebelumnya ke lokasi semula, yaitu di dalam folder UCDownloads
      Setelah berhasil dipindahkan, buka download manager di UC Browser lalu klik lanjutkan maka automatis file akan melanjutkan download

      Cara ini selalu berhasil di saya dan gak pernah korup juga hasil downloadnya walaupun mendownload file dengan ukuran jumbo bergiga-giga

      Delete
  14. Mas bro wingi aku download game ps2 size 6gb gawe google crome langsung pedot baleni teko awal,pas onok aplikasi iki tak cobak sek mugi" kenek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap" mas tapi carane download mp4 lewat idm iki kudu copy paste link ta.

      Delete
    2. Copas links saget,

      Buka web'e nganggo browser'e IDM yo saget Mas

      Delete
    3. Matur nuwon seng katah mas mugi web mas harri jaya selalu amin

      Delete
  15. Bang bahas emu exagear lah pengen main age of empire 2 banyak yang gak work di yutub"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ada filenya sebenarnya. Marin ada yang bagis linksnya di Facebook. Cuman lum saya coba.

      Delete
    2. Kebanyakan worknya di device mid end. Aku pernah coba di device low end mental gamenya

      Delete
  16. Gan request app yg bisa capture video sama custom dns dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada ide saya. Saya aja record pake aplikasi bawaan HP. Yang bisa record dengan hanya suara internal HPnya.

      Delete
    2. Bukan itu gan maksud Saya "capture video" kayak fitur idm itu, kalo di web tersebut ada video bakal ke deteksi sama Idm jadi bisa lgsg download (letaknya Samping kolom pencarian di browser Idm) Sayang nya Idm gak bisa custom dns kayak chrome

      Delete
    3. Owh xD Baru paham saya. Emang bisa si. Cuman yang sekalian custom DNS saya ga tahu.

      Delete
  17. Bang hari,mau tanya cara download 1fichier selain pake chrom?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake IDM setahu saya bisa. Kebetulan marin nyoba download COD 3 di situ. Tapi ya gitu, lama banget dowloadnya. Di file share lain kecepatan 1mb'an, di situ cuman maksimal 200kb

      Delete