Tutorial Instal Hen Di PS3 Super Slim



androidgamegratisan.blogspot.com

Kebetulan baru dapet PS3 Superslim dengan harga murah di sebuah forum, hehee. Eh yang jual ternyata tetangga sendiri, satu daerah gitu. Mayan nih buat di jadikan bahan bobrok-bobrokan. Entah itu di instal aplikasi atau coba-coba bongkar tuk iseng. Tapi namanya juga barang murah, ya kan? Jadi kondisi barangnya pun cukup mengenaskan. Berdebu, dan hanya dapat satu stik, itupun tidak ori dan kondisinya mengenaskan juga. Saya sih, iya iya'in aja sambil senyum waktu dia bilang jarang dimainin. Udah jelas apa yang di katakannya bohong. Tapi karena harganya murah, tidak masalah. Mayan, bisa di uji coba instal PS3nya dengan HFW/ Hen, karena kebetulan firmware PS3nya di OFW.
androidgamegratisan.blogspot.com
Firmware masih 4.82
androidgamegratisan.blogspot.com
Belum terinstal Hen, Tapi kayanya udah
 di isi/ injek game
HDDnya juga terbilang kecil, hanya 120GB'an dengan Firmware masih "4.82". Akhirnya saya uji coba Instal HFW 4.85.1 langsung dari OFW 4.82. Eh ternyata bisa. Hal yang mematahkan anggapan dari beberapa anggota di Grup PS3 yang saya ikuti kalau instal HFW 4.85 itu harus dari OFW 4.85 dulu. Katanya ntar bisa brick. Lah, nyatanya kaga tuh. Aman-aman saja saya rasa. Asal firmware yang kita instal tidak korups dan pas updatenya tidak mati PS3nya. Bisa brick betulan kalau pas update PS3nya mati. Makanya pas update juga saran saya sembari doa, biar pas prosesnya tidak mati listrik. Tahu sendirikan musim ujan, terkadang listrik mati tiba-tiba 😂.

WARNING!!! Do With You Own Risk/ Lakukan dengan resiko masing -masing. Kalau ragu, mending serahin ke tuser PS.

Bahan-Bahan
  1. PS3 tentu saja
  2. HFW 4.85.1 - Google Drive - Zippyshare - Racaty = 196.33mb
  3. Flashdisk/ HDD Ext yang berformat fat 32
  4. Koneksi internet. Bisa pake koneksi via Hotspot HP android jika tidak ada wifi.

Tutorial Update HFW 4.85.1
  1. Download Firmware di atas dan extract. Pastikan tidak ada error pas extractnya. Sengaja saya kompres biar filenya lebih aman dari korup
  2. Taruh dalam FD/ HDD Ext fat 32. Dengan susunan PS3/ UPDATE/ PS3UPDATE.PUP. Pastikan susunan folder, namanya sama dengan contoh, berhuruf besar semua agar kedeteksi di PS3nya. Kalau di update tidak kedeteksi, saya pastikan salah susunan foldernya atau salah di namanya.
  3. Tancapin FD tadi ke USB PS3. Kemudian ke "System Update" lalu pilih "Update Via Storage Media" dan enter
    Jika susunannya benar, pasti akan muncul
    seperti gambar di atas
  4. Ya udah deh update. Pencet Ok/ accept aja dan tunggu prosesnya dengan santuy. Sambil doa moga tidak mati listrik 😂.
    Tunggu dengan sabar, di gambar atas masih
     tahap copying ke internal PS3
    Tahap installasi, tahap beresiko jika terjadi
    pemadaman listrik. Akan lebih
     aman kalau punya UPS.
  5. Jika sudah selesai cek firmwarenya. Jika tertera Version 4.85, maka update berarti telah berhasil dan bisa bernafas lega. Lanjut ke langkah selanjutnya, yaitu instal "Hen" Si Telur Kuning yang lebih minim resiko.
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Jika berhasil, maka Firmware udah update
     ke Versi 4.85

Tutorial Instal Hen
  1. Koneksikan PS3 dengan internet. Bisa pake Lan atau dengan wifi. Pastikan tes koneksinya sukses.
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Koneksikan PS3 dengan internet
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Cek koneksinya juga, dan pastikan sukses
  2. Buka internet browser PS3 dan setting home page ke blank page. Dengan cara pencet Segitiga, ke menu Tools, lalu menu Home Page dan pilih Use Blank Page, Klik Ok dan keluar browser.
  3. Masuk lagi ke Internet Browser. Kemudian tekan start dan tulis/ akses "www.ps3xploit.com"
    androidgamegratisan.blogspot.com
  4. Internet Browser akan masuk ke situs "www.PS3xploit.com". Lalu pilih menu "PS3HEN" yang terletak di kiri atas. No 2 dari kiri. Kemudian pilih/ klik menu " Hen Installer (Alternate)" no 2 dari atas
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Lakukan seperti gambar di atas
  5. Nah Xploit sedang berlangsung. Tunggu dengan sabar, karena cepat tidaknya tergantung dari koneksi internet. Proses bisa saja gagal, bernotif "Xploit Failed" dengan tulisan berwarna merah. Ulangi lagi dah, dengan cara keluar browser dan masuk ke "www.ps3xploit.com" lagi. 2 kali saya gagal, hingga saya restart PS3nya, ketiganya saya gagal lagi dan keempatnya baru berhasil. Entah karena koneksinya atau emang hal lainnya. Soalnya saya melakukannya di jam-jam yang lain sedang streaming YouTube.
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Tunggu dengan sabar prosesnya
  6. Kalau berhasil akan muncul tulisan seperti gambar di bawah. Ikuti saja cara-caranya. Seperti tutup browsernya, buka Remote Play dan segera keluar
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Gambar jika berhasil melakukan xploit
  7. Ntar akan keluar Icon baru bernama "Instal Hen" Klik aja, maka akan terjadi proses download dan instal. Cuman 12mb filenya, hitungan detik juga kelar.
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Akan muncul icon baru "Instal Hen"
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Klik aja
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Download file di dalamnya
    androidgamegratisan.blogspot.com
    Proses instal sedang berlangsung, sampai
     tahap ini bisa di pastikan kalau Hen yang
     kita instal berhasil
  8. Seperti yang tertulis di keterangannya, Reboot dulu ps3nya.
  9. Instal berhasil kalau Si Telur Kuning/ Hennya telah nongol.
    Hen udah nongol di XMB
    Dengan instal package dimana kita bisa instal
    multiman dan sejenisnya, ataupun game
    dengan format PKG
Sesimple itu sebenarnya. Keisengan yang menyenangkan untuk di lakukan. Saya cek suhu di multiman ternyata PS3 Superslim yang saya beli ini cukup normal. Dengan suhu rsx di kisaran 60'an. Sedikit lebih tinggi dari PS3 SS saya lainnya emang. Sepadan dengan harganya. Expektasi beli barang bekas dengan harga di bawah normal itu jangan terlalu tinggi. Tapi kondisi ini bisa di pastikan cukup mumpuni untuk dimainkan berjam-jam. Apalagi dengan webman yang bisa kita seting kipasnya.

Akhir kata, terima kasih telah berkunjung di blog cupu ini guys!

16 Responses to " Tutorial Instal Hen Di PS3 Super Slim "

  1. Pertamax..
    Min ada rencana tambah emot kah diblognya ?..
    Agar bisa lebih ber ekspresi mungkin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mau riques juga everlasting summer ,tersedia gratis sih di playstore tapi gk tau udah full apa kaga :D

      Delete
    2. Ntar saya cari infonya dulu bro

      Delete
  2. Bang request assassin creed arnos chronicle

    ReplyDelete
    Replies
    1. Game barukah? Ntar coba saya cari. Soalnya saya suka nih seri.

      Delete
  3. Bang, numpang curhat nih,gue punya PS3 superslim d rumah tp dah sekitar 4-5 bln gk gue mainin, pas gue mau mainin kemaren itu, tombol powernya gk ngrespon alias gk bisa nyala... Yg jd pertanyaan itu emang rusak karena suatu hal, ato gara" gk pernah gue buat main, karena katanya klo punya barang apa gitu jangan d biarin trus nanti malah jd rusak klo bisa sesekali d gunakan (aneh kan ye)... Klo ada suatu saran ato solusi apa gitu biar nyala lg, bisa kasi tau saya caranya?
    Klo emang dah gk da harapan ye brati harus terpaksa gue bawa ke tukang service?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya emang di bawa ke tuser untuk cek kerusakan.

      Ini nyimpennya gimana bro? Kalau di biarin tergeletak gitu ya bisa aja rusak. Entah ada binatang yang masuk atau air karena kelembapan udara yang mengakibatkan korosi.

      Soalnya saya juga suka nyimpan PS3 saya. Pernah tidak saya mainin dalam jangka 3 tahunan lebih. Tapi saya simpan rapi di lemari.

      Delete
    2. Wah, bisa jd.. soale klo d inget" pernah sekali gue taruh d samping tv, kehujanan, cma pas itu gue kira gk terlalu masalah, karena emang gue taruh tas dan agak sedikit lembab pas gue ambil, tp yg lembab cma bagian sampingnya karena gue naruh tasnya berdiri, habis itu jg gue lap langsung dan gue pindah ke kardus. Bisa jd pas saat itu kali ye?

      Delete
  4. Ane update dulu fw ke 4.85 udah update 4.85.1 hfw cuma mau buka xploit di browser ps3 malah eror website nya gabisa dibuka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek koneksi internetnya/ Test Connection. Pastikan keduanya tertulis sukses

      Delete
  5. Sukses kok koneksi internet mah gan,eror 520 ngeakses google sama yg lain mah bisa gan

    ReplyDelete
  6. Sudah sukses Gann !! Problem nya cuma refresh jaringan doang. Makasih gan tutor nya hehe

    ReplyDelete
  7. Gan request aplikasi controller yang kyk octopus dong tp yang lebih stabil

    ReplyDelete