Ngobrolin Playstation 2, Konsol Sejuta Umat



androidgamegratisan.blogspot.com

Playstation 2, konsol jadul yang masih menarik untuk di lirik. Atau setidaknya kita utak-atik untuk sebuah kesenangan. Motivasinya, ada beberapa game bagus yang terlewat saya mainkan di konsol tersebut. PS2 yang dulu sempat di pinjam oleh keponakan, akhirnya saya tarik lagi. Ya tentu saya lakukan karena emang tidak di gunakan lagi dan terbengkalai. Mungkin karena disk tray'nya yang udah rusak. Tapi ga apa-apa sih, karena emang akan saya mainkan dengan flask disk/ HDD external. Atau mungkin sekalian beserta HDD internal plus Network Adapter. Biar loadingnya lebih cepat.
androidgamegratisan.blogspot.com
Pake Mcboot agar bisa memainkan game di Flashdisk.
Untuk PS2 yang tidak memakai mobo 5.0.
Anggap aja sebagai hal iseng yang menyenangkan. Kayanya hal yang menarik untuk saya share di sini. Barang kali saja ada yang PS2nya terbengkalai dan semangat lagi memainkannya karena alasan yang serupa. Hal yang tidak di sangka sebenarnya. Sekarang kita bisa mendownload game-game PS2 layaknya sebuah game mobile. Di banding game PS3 dengan rata-rata berukuran 7gb'an ke atas. Game PS2 punya size jauh lebih ringan, yaitu di kisaran 2-4gb'an. Kerennya ada beberapa game incaran saya yang size downloadnya hanya ratusan mb doang.

Ada beberapa game menarik yang ingin saya mainkan. Beberapanya memang belum pernah saya mainkan sama sekali. Seperti Haunting Ground (Demento), Kuon, Forbidden Siren 2 dan Shadow of The Colossus. Kayanya seru dah, apalagi Shadow of The Colossus. Aneh, dulu pas jamannya PS2, saya benar-benar kaga pernah dengar nih game. Kalau Hounting Ground dan Kuon sih pernah dengar. Cuman pada waktu itu kasetnya kaga ada yang jual. Trus ada lagi tuh, game yang dulu belum saya tamatkan. Hanya saya mainkan chapter pertamanya doang. Yaitu Resident Evil Out Break. Mungkin ada lagi lainnya. 
androidgamegratisan.blogspot.com
Ada beberapa game bagus yang belum sempat
 saya mainkan
androidgamegratisan.blogspot.com
Ada Haunting Ground
androidgamegratisan.blogspot.com
Fatal Frame
androidgamegratisan.blogspot.com
BloodRayne 2 dan mungkin ada yang lainnya
Kelebihan dari PS2 tentu saja mesinnya lebih awet. Bayangkan aja, dari awal beli hingga sekarang. Kayanya udah lebih dari 10 tahun deh. Cuman rusak disk traynya doang. Itupun karena ponakan saya yang masih kecil, mancabut paksa disk traynya. hehehe 😂. Yang lumayan sering ganti di PS2 ini seingat saya adalah stiknya. Kalau yang bawa'an mesinnya sih masih tahan lama. Yang beli sendiri ini yang gampang rusak. Entah itu analognya patah, tiba-tiba kaga konek ataupun hal lainnya. Daya tahan mesinnya emang lebih kuat dari konsol generasi selanjutnya.

Post yang mungkin akan mengingatkan kalian jika kalian adalah player yang pernah merasakan era kejayaan PS2. Era dimana kita bisa membeli kasetnya dengan cukup mudah dan murah, yaitu dengan harga cuman 5 ribu rupiah. Namanya juga kaset bajakan. Jujur saja ya, saya baru tahu jika itu adalah kaset bajakan setelah membeli PS3. Karena kaget dengan kaset PS3 yang harganya di kisaran ratusan ribu. Ga heran kalau kaset-kasetnya juga gampang rusak. Di simpan di tempat yang tepat aja, tahu-tahu juga udah ga bisa di pakai. Jadi maklum akhirnya 😂.
androidgamegratisan.blogspot.com
Kaset 5 rb'an yang ternyata adalah kaset bajakan
Thanks banget atas kunjungannya di blog cupu ini guys! Dimana motonya main game hanya untuk senang-senang dan sebagai hiburan. 

67 Responses to " Ngobrolin Playstation 2, Konsol Sejuta Umat "

  1. Suhu shadow of the Colossus, pernah tamat berapa kali di PS2 sekarang lagi namatin lagi di ps4 yang versi remastered nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gamenya kayak apa gan?? Gw nggak punya PS2 ada minibossnya kah atau cuman ngelawan boss doang??

      Delete
    2. minibossnya aja segede gaban lol,bagus kq gamenya

      Delete
    3. Lawan boss doang,tapi butuh strategi yang berbeda setiap bossnya

      Delete
    4. Bahagia sekali kalau udah punya PS4 :D

      Gamenya emang keren. Walapun baru nyoba sebentar. Kebiasaan dari dulu, game bagus entah mengapa sayang tuk di mainin dulu. Ini malah kebanyakan main Haunting Ground

      Delete
    5. Kalau saya gak punya ps4 itu juga mainnya rental lumayan lah kalo cuma mau nyoba2 game next gen

      Delete
    6. Bukan remastered tapi remake yg remastered nya di ps3

      Delete
    7. Bener. Remaster di perbagus untuk platform masa kini. Remake di buat ulang dengan engine yang berbeda/ lebih baru.

      Delete
    8. Tujuan dari Remastered dilihat sebagai keinginan gamer memainkan lagi game lawas tapi dengan kualitas resolusi yang lebih tinggi. Di game versi remastered tidak ada perubahan cerita maupun gameplay. Jadi masih serupa dengan versi orisinal.

      Satu tingkat di atasnya ada game versi remake. Versi remake berfokus menyajikan game yang tidak hanya menyediakan peningkatan kualitas grafis tapi gameplay juga berubah tanpa menyentuh perubahan cerita di dalamnya.

      Misalnya, Resident Evil 2 buatan Capcom seri orisinal angle kamera menggunakan jenis fixed camera dan seri remake menjadi third person view. Di dalamnya juga ada penambahan gameplay misalnya crafting item dengan cara baru atau gameplay atau sistem mekanik yang tidak ada di versi orisinal.

      Delete
  2. punyaq dah lama q jual mas,abis baca ini nggarai kepingin punya lgi.ati2 klo maen fatal frame mas,ane pernah maen semaleman marathon tuh game trus dilanjut silent hill yg shattered memories ,besok malemnya gk tau dah mimpinya kyk ap lol.hantu timur ama barat collab

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener tuh gan ati-ati maen fatal frame ngagetin abis...,sayang ane nga maenin versi original ps 2 tapi maen remakenya di nintendo wii :( tapi ane percaya mau versi remake atw original sama² ngagetiinn..

      Delete
    2. Oh itulah serunya main game ginian. Sensasi tegangnya bikin nagih xD

      Yang lebih horror itu kalau stuck ga tahu mau ngapain hehee. Untung sekarang ada YouTube :D

      Delete
  3. ps2 saya terbengkalai, sama kaya admin, disktray nya rusak dan pengen nyoba cara pake mc boot, caranya instal dll nya gmna min, mohon penjelasannya, ngebet pengen nostalgia juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu. Rencananya juga mau saya bahas ntar :) Tunggu aja

      Delete
  4. ada perbedaan kualitas grafis gk? antara PS2 Fat sama Slim,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bukan ahli per ps,san tapi pernah maen di temen yang pake ps2 tipe slim loading gamenya agak lama dari versi fat,kalo pake kaset yah bukan hardisk (kalo hardisk biasanya lebih cepat loading gamenya di banding kaset)kalo pake flashdisk usahakan yang read sama writenya cepet,perbedaan grafis tidak ada tegangung resolusi monitur atw tv angan,semakin besar resolusi tv atw monitor angan semakin pecah(burik) pula gambar gamenya

      Delete
    2. Yups bener banget. Burik gambarnya di led tv. Di luar dugaan sih. Sialnya tv saya sekarang kaga ada colokan kabel komponen'nya. Terpaksa dah pake kabel RCA/ AV dan beradaptasi dengan keburikannya

      Delete
  5. Info https://apkgamers.org/witch-spring-4-apk/

    ReplyDelete
  6. Gua shadow of the colosus ps2 baru sampai lawan monster ular tanah, itu juga gk tau cara ngalahinnya, andai aja bisa di android bakal gua lanjutin tuh game, sayangnya di daerah gua dah gk ada rental ps2 lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake emulator PS2 di android bisa tapi butuh hp dewa

      Delete
    2. Yups, pake emulator bisa, tapi ya itu. Butuh spek yang tinggi.

      Delete
  7. Aduuhh, mana kemaren ps2 ane , ane kasihin ke tetangga lg pas pindahan rumah, kan jd nyesel pas baca ini blog.

    ReplyDelete
  8. saya setelah jaman ps1, ga mampu beli ps2 cuma pernah main di rental sekali XD

    di android ada emu tapi males nyoba, jadi inget pernah donlot god of war port apk gak taunya emulatoran psppp, gitu aja berat akhirnya uninstal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya ROG mungkin saya berani coba emulator ps2 dan sejenisnya, tapi ga mungkin juga bisa kesampaian.

      Delete
    2. witch spring v1.3 biasa uda stabil. ada versi mod money di forum platin gimana cara donlotnya ya?

      Delete
    3. Kalau di sana, kita mesti bikin akun gan. Thanks banget infonya. AKan segera saya coba.

      Delete
  9. Bang, coba onimusha dawn of dreams, keren tuh, grafike 11-12 Ama genji PS2, cuma harus download 2 disk... Itu termasuk game favorit gue bang... Trus ada lg tuh, game RPG yg mirip ff tp setting nya di luar angkasa, dr segi cerita Ama grafik termasuk yg terbaik, blm sempet main karna dah duluan gue jual PS2 nya.. wkwk
    Banyak bgt soale game underrated yg bagus" di PS2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah tamat dong :3. Ini Tokoh utamanya si Soki kan. Trus ada Tenkai yang dulu ternyata adalah Samanosuke dari Onimusha 1 dan 3. Trus ada Jubey Yagyu, cucu dari Jubey Yagyu tokoh utama Onimusha 2. Suka banget ma seri ini. Dari jamannya Nobunaga Oda hingga (Onimusha 1-3) si Hideyoshi (Onimusha Dawn of Dream)

      Delete
  10. Wahh jadi pengen main fatal frame lagi :v

    ReplyDelete
  11. gw ada ps2 fat dilemari kondisi kaset gamuter klo diinsert, kira2 klo ganti ke hardisk/matrix kena berapa ya?

    kali aja ad yg tahu disini hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek udah Matrix belum. Pas hidupin PSnya pencet tombol segitiga ma lingkaran. Ntar akan muncul menu. Dugaan saya si dah Matrix, walaupun masi mobo 3.0

      Cukup beli Free MCBoot udah bisa main pake Flashdisk

      Delete
  12. WitchSpring 4 udah release di andropalace, gw udh download udah test juga 100% work.

    ReplyDelete
    Replies
    1. work tp bakal fc ditengah2 XD, nunggu v1.4.

      Delete
    2. dan masih ada bug dan kadang fc, tp masih worklah v1.4

      jir kaga beres2 masalahnya wkwk

      Delete
    3. Kayanya kudu sabar dah tuk ngeshare nih game. Sekalian nunggu fixnya. Curiga masalahnya ada di masalah lisensinya.

      Delete
    4. entah juga kalau ada masalah di lisensi. tapi kalau saya tengok curahan hati beberapa user di PS, tap juga ada yg mention masalah bug kok.

      di twiter akun resmi bikin status masalah gamenya di hp ipin, saya gak tau masalah labil ini bakal selesai sebelum ganti tahun.

      harusnya devnya tanggap dan bikin pengumuman pencarian bug bagi yg uda beli karena terlanjur resmi di rilis. game premium rasa beta tester wkwk

      Delete
    5. Hahaha iya juga ya xD. Barusan nyoba v1.3 udah lancar di R4p saya. Hanya black scren sekali doang, pas load game. Selebihnya normal hingga saat ini main.

      Delete
  13. Waaah 😮 dulu saya mau nyoba shadow of colossus tapi karena PS2 yg gapernah saya mainin lagi plus gadak yg jualan game bajakannya lagi jadinya gapernah main dah oiya bang shadow of colossus itu saya dengar dari story soundtrack Ama grafis nya itu paling keren gan mungkin game terbaik ps2 yg pernah ada dan juga dev ni game juga bikin game the last guardian buat PS2 gan yg sekarang di remake ke PS4 setahu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayanya emang udah langka yang jual CD bajakannya. Kebanyakan PS2 sekarang emang pake HDD.

      Karena game itulah, saya bela2in ngusahain PS2 biar bisa main di FD. Eh work loh hehee. Tinggal beli stiknya lagi, nyaman nih. Sayang aja, stiknya udah soak semua.

      Delete
  14. Apalah dayaku yg dulu pengen punya PS Sendiri tapi gak kebelian,dan skrng udh ada aja PS 5 yg mau diluncurin,PS 2 aj gk kebeli,apalagi PS3, dan 4,hufftt,pgn banget punya konsol sendiri lalu main di TV,...tapi yg kupunya cum PC dengan spek intel i7-7700,Ram 8GB,HDD 2 TB,Nvidia geforce Gtx 1050 2GB,huftt yg sampai skrng cuman main game konsol lewat emulator,...padahal pgn ny main di TV...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk si kampret nih xD

      Itu harga PCnya Njirr. Lebih mahal dari PS4 :v

      Delete
  15. Oh, ya untuk para senpai disini, kira2 ada tips gk untuk beli ps2 yg ok itu gmn????
    Soalnya belum pernah beli ps2, 😁😁, dan saya cuma punya ps1.. 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli yang fat dan yang udah HDD Internal :) Kalau saya sih.

      Delete
  16. Oh, ok senpai, thanks banget... ☺☺

    ReplyDelete
  17. Gan,, ngobrolin soal Nintendo Wii dong 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana mau ngobrolin kalau saya lum pernah punya konsolnya xD. Sebenarnya ini juga menarik tuk di bahas nih. Misalnya cara ngisi game ke HDDnya. Trus kompatibility gamenya kalau dimainkan lewat HDD. Lancar tidaknya juga.

      Cuman harus punya dulu kalau ingin tahu.

      Delete
  18. udah dapat emulator ps2 yg tepat apa blm min

    ReplyDelete
  19. ikut nimbrung ah.
    ps2 memang gk ada matinya.
    The Sword of Etheria
    coba game iku,game rpg hack & slash langka ps2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. The Sword of Etheria? Apik om? Tak jajale ngko :D

      Suwun infone

      Delete
    2. fakta

      Ditilik dari tim developernya, Sword of Etheria sebenarnya benar-benar sebuah masterpiece, karena digarap oleh 3 tim berbeda yang sudah menangani game-game Konami. Ada tim dari Suikoden yang menangani bagian art, ada tim dari Castlevania & DDR yang menangani bagian musik (Michiru Yamane), sedangkan sisanya menangani bagian gameplay. Nggak heran, game inipun banyak diisi oleh cameo dari berbagai game-game KONAMI. Ada kostum yang mirip dengan Leon Belmont dari Castlevania, ada juga Flame Champion dari Suikoden III, lalu ada Makihara Yukiko dari Tokimeki Memorial 3, sampai si maskot lucu Robbie the Rabbit dari Silent Hill series.

      Delete
    3. game yg hanya keluar di jepang & eropa bro.
      klo di eropa nama game nya the sword of etheria,di jepang over zenith di singkat oz

      Delete
    4. Busyet, ada game sekeren ini saya lum pernah dengar loh. Njirr devnya ga main-main ini xD. Mending saya main yang eropa bahasanya lebih bisa di terima

      Delete
    5. emng kenyataan bro.
      gara2 nih game gk keluar di amerika,kaset dvd nya di buru orang di ebay walau harganya gk masuk akal.
      wkwkwk...

      Delete
    6. Salam kenal bang tri.. mw nanya nih bang. Saya punya PS2 slim tp udh dimodif oke HDD Ext. Skrng hddnya lg rusak nih bang, trus klw saya mw coba oke flashdisk apa harus install MC boot lg kh bang tri?

      Delete
    7. Kemungkinan kaga perlu dah, Kayanya tuh PS2 agan udah di tanam mobo 5.0.

      Yang penting format flashdisknya fat32 dan ada folder sistemnya.

      Delete
  20. terus gimana ya bang cara buat folder sistemnya?
    ajari dong bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal di download dan extract trus pindah deh tuh folder. Gitu doang bro

      Delete
  21. Bro itu klo ngisi game ke hardisk format game nya iso ksn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pake USbutil. Postnya juga sudah saya buat di sini.

      Delete
  22. Bro ari rekomendasi game ps 2 terbaik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak,

      RPG ada FF10, 10-2 dan 12, Grandia 3, Suikoden 4 & 5 Star Ocean 3 dan lainnya yang udah ga ingat judulnya( Udah tamat lebih dari satu kali saya, sayangnya genre ini tidak lancar di OPL pake HDD Ext)

      Sekarang kadang suka main di OPL, Shadow of the Colossus, Fatal Frame 2 & 3, Kill Zone, Black, RE4, Haunting Ground dan lainnya (Lancar hingga cut-scenenya di OPL pake HDD Ext)

      Delete