Yuk! Bahas PS3 Hen/ HFW



androidgamegratisan.blogspot.com

Dari pada bingung bahas apa'an. Mending bahas Hal lainnya dulu deh, Yaitu PS3. Kebetulan sekali sekarang PS3 Slim seri 3000 hingga Superslim sudah bisa main game kopian dengan lebih mudah, dan tanpa dongle tambahan/ Ode. Bermain layaknya CFW, di mana bisa kita install multiman manager dan main dari HDD Ext. Menarik kan? yuk kita bahas 😁. Barangkali ada yang mau beli PS3.

Hal yang bikin hasrat main game konsol saya bergejolak Hehee. Wort it menurut saya, karena tipe PS3 Slim seri 3000 hingga SS ini sudah tentu lebih tahan banting dari pada tipe lainnya. Apalagi harga PS3 sekarang sudah sangat terjangkau, yaitu di kisaran 1 hingga 1,6 JT'an. Tergantung kapasitas HDD internal dan penjualnya. Menurut saya sih, harga lebih mahal tidak apa-apa, asal kondisi PS3nya berkualitas. Makanya pilih penjual yang rekomended alias terpercaya. 

Syukur kalau dapat murah tapi berkualitas. Tuh di FJB ada banyak yang jual murah. Kisaran harga sejuta'an. Malah saya pernah lihat ada yang jual 800 ribuan. Ya udah tentu langsung cepat "Sold Out". Barang murah itu, siapa cepat dia dapat. Beberapa user ada yang menjualnya murah karena masih ofw/ ori. Main masih pake BD. Padahal kan bukanlah perkara sulit untuk merubahnya jadi HFW. Gampang! di internet ada banyak tutornya. Modal cuman kuota sama Flashdisk doang kok.
androidgamegratisan.blogspot.com
Sama seperti CFW, ada Package Manager,
 jadi kita bisa instal multiman, game pkg
ataupun aplikasi lainnya
androidgamegratisan.blogspot.com
Namun ada satu ritual yang harus kita lakukan pas
 hidupin PS3, yaitu enable Hen
Namun ada kekurangannya untuk PS3 hen/hfw ini. Yang paling kerasa adalah "Katanya" tidak semua game cfw bisa dimainkan di PS3 hfw ini (Pas saya coba sendiri, hingga sekarang game CFW saya juga bisa dimainkan di HFW). "Katanya juga" kita harus update gamenya dari multiman agar bisa dimainkan. Atau beberapa metode khusus dengan software di PC. Kemudian pas PS3 baru nyala, kita tidak bisa langsung masuk multiman atau manager lainnya. Harus mengaktifkan/ enable hen dulu. Menurut saya kaga ribet, cuman tambah satu ritual doang. 

Jadi di banding PS3 cfw, PS3 hen lebih ribet (tergantung orangnya) dan punya kompatibility game yang "Katanya" lebih terbatas. Trus? pilih tipe cfw atau hfw nih? Tergantung motivasi dan keadaan kali ya. Untuk saya, lebih minat beli yang Slim seri 3000 dan SS. Karena konon lebih tahan banting. Jadi kita bisa main lebih lama tanpa perlu was-was. Logikanya mesin lebih baru, dengan desain yang lebih di sempurnakan. Konon kabarnya IC Cpu dan RSXnya lebih kecil. Jadi lebih adem dan hemat daya. Cuman benar kaganya saya kurang tahu, soalnya saya bukan teknisi.

Beberapa kendala yang pernah saya alami saat memainkan game di PS3 Hen.

  • Freeze saat enable hen. Yups pernah satu kali saya alami saat pertama baru beli. Namun masalah ini teratasi setelah saya mencari tahu solusinya di internet. Yaitu cukup sesekali menghapus cache di web browser. Dan masalah freeze pas enable hen ini tidak muncul kembali. Udah satu bulanan ga pernah freeze lagi
  • Freeze saat main game dari multiman. Ini terjadi saat saya main Ninja Gaiden 2. Di pertengahan chapter 2 tidak tahu sebabnya terjadi freeze. Bukan masalah di gamenya, karena game ini saya tamatkan di PS3 cfw dulu tanpa kendala. Namun ketika saya ganti HDD Enclosurenya ke yang 3.0. Masalah freeze ini tidak pernah datang lagi. Udah 2 minggu kayanya.

Kesan-kesannya:
  • Sama aja saya rasa antara cfw dan hen. Semua game cfw yang berbentuk folder hingga saat ini bisa dimainkan di Hen dengan sempurna pas saya coba sendiri. Ga perlu update-update'an, langsung pilih game di multiman dan play.
  • Kalau untuk sekedar main game sih saran saya pilih PS3 yang Superslim/ hen. Beda soal untuk yang suka oprek, bisa pilih PS3 CFW tapi tetap hindari yang Fat.
  • Karena PS3 Fat hanya untuk selera pemberani. Satu alasan yang vital adalah labih boros listrik. Yaitu perlu daya dua kalinya PS3 slim. 

Yang perlu disadari adalah tidak ada yang abadi😂. Alias tidak ada yang namanya PS3 anti YLod. Kalau di super slim namanya ganti Loss Power. Namun sama aja, rusaknya juga di kisaran ICnya karena Over Heat. Tapi lebih enjoynya itu karena harganya udah turun jauh. Rusak pun kayanya ga akan terlalu nyesek dah 😉. Geber aja ga apa-apa hehehe. Kalau mau umurnya lebih panjang, ya di rawat lah. Mainnya jangan berlebihan, secukupnya aja. Itung-itung juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Thanks atas kunjungannya ke blog cupu ini guys! 

38 Responses to " Yuk! Bahas PS3 Hen/ HFW "

  1. bang buat random dice mod apk dong hehe, mumpung gamenya lagi naik naiknya hehe makasih

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Ada niat. Tapi karena untuk saat ini ga punya devicenya jadinya ya ga bisa bahas.

      Delete
  3. Boleh kasih tutor cara main game PS3 dari folder PS3_GAME gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan tinggal taruh gamenya di folder GAMES/ GAMEZ. Pastikan HDDnya format fat 32 biar bisa kedeteksi di Multiman.

      Delete
  4. Min..sekarang ps3 hen udah bisa download langsung dari ps3 nya...cman modal Wi fi atau lan doang..
    Pake app pkgi.pkg

    Bahas dong min...
    Biar yg lain pada tau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang worh it kayanya. Kecuali kalau jaringannya cepet. Game PS3 kan gede bro yang bagus. Minimal 3gb'an. Berapa lama downloadnya? Apa ga sayang PS3 di geber cuman untuk download doang hehee

      Kalau di PS Vita, itu baru masuk

      Delete
  5. Kapan ps 4 naik FW hen.nya 😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee. Saya curiga ketika pas PS5 rilis. Siapa tahu pihak Sonice sendiri yang bocorin kodenya. Biar konsolnya makin laku n harganya naik.

      Delete
    2. Biasanya seh gitu mas wkwk , tp sekarang ada akun ps 4 jadi gamenya lebih murah dari kasetnya ,, cuma ya korbannya harus download

      Delete
  6. Replies
    1. Untuk sementara kaga minat nyoba saya. Di samping PS2 masih ada, juga caranya saya lihat ribet. Itupun kata beberapa user yang udah nyoba katanya lebih berat dari pada main game PS3

      Delete
  7. Punya ane ps3 cfw seri 2000 kayanya, sekarang nganggur dirumah karena masalah YLOD, lumayan main digeber terus selama 1,5 tahun , akhirnya dia YLOD juga, kira2 berapa ya kalo di servis harganya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa info di kisaran 300-500'an. Itupun katanya bakal sering kambuh alias ga akan tahan lama.

      Delete
    2. Jadi mending beli yg versi 3000, trus pasang hen nya ya gan ?

      Delete
    3. Saran saya malah Superslim. Kalau slim 3000 nanggung, jadi mending yang lebih baru.

      Delete
    4. Kalo yg superslim bisa dipasang hen juga gan ?

      Delete
  8. coz ane user xbox 360 gk punya ps3 lngsung skip ps4 slim 1tb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ada dana lebih, emang lebih bagus PS4 atau Xbox One sekalian. Grafis lebih kece dan harusnya lebih awet karena mesin masih ada yang baru.

      Delete
  9. bang, rekomen toko ps3 yang wort ith menurut lu bang di FJB mana ajahh. tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh jangan. Takutnya kalau ntar PS3nya bermasalah pada nyalahin saya juga. Mending cari informasinya sendiri.

      Delete
  10. Memang ada niat beli ps3 karna dulu malah beli new3dsXL,dan sekarang langsung lompat ke ps4 :"v
    Jadi penasaran game game esklusif ps3 tapi pc saya dah bokbrok XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah bagus ada PS4 :). Gamenya malah ajib-ajib tuh. Apalagi sebentar lagi rilis FF7 Remake dan RE3 Remake. Bikin ngiler dah.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Yups,memang dah gk sabar pengen coba ff7 remake moga aja game epik masa lampau pada di remake misalnya suikoden,mungkin akan lebih epik dan komplex dengan kemampuan konsol saat ini

      RE3 gk nugguin wkwkw
      RE2 remake nya aja belum punya :'(

      Delete
    4. Suikoden seru sih. Tapi saya ragu bakal di remake. Karena ini game rada komplek n karakternya ada banyak. Tapi moga aja. Akan sangat keren kalau emang di remake.

      Delete
  11. Mohon infonya, ps3 ss yg dianuin gitu bisa main game the last of us sama smua seri metal gear gak gan? Rencana mo beli ps3 ss cuma buat maen gem itu. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Last of US dan MGS V jelas bisa, udah nyoba. Tapi untuk MGS 4 lum nyoba saya.

      Delete
  12. Min, ps3 slim saya yg seri 3000 banyak game yg black screen, itu kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. (Untuk game folder) Tebakan saya karena game-game yang agan mainkan punya big file di dalamnya. (Big File = file 4gb+) Jadi file tersebut antara masih kesplit/ mungkin malah ga ke copy ke FD/ HDD Extnya. Contoh game ini adalah RDR, Tekken 6, ff13, dll

      Kalau filenya pkg, salah instal fixnya. Untuk Hen instal yang untuk fix 3.55. Untuk khasus kaya gini sih saran saya malah download game folder dan convert sendiri jadi cfw2ofw. Lebih stabil dan 100% bisa dimainkan. Ga perlu fix2an dan enable hen pas main.

      Delete
  13. Mau tanya bang saya mau beli ps 3 slim seri 3000 hen kira" recommended nggak dibandingkan ps 3 slim seri 2500 cfw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seri 2500 ke atas menurut saya masih layak untuk di pinang.

      Delete
  14. The last of US rdr ga bisa jalan di hen bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. Bahkan kedua game tsb bisa di taruh di internal (CFW2OFW) dan external pake ntfs (Jadi ISO). Keduanya sudah saya coba

      Yang pasti untuk kedua game ini cek dulu filenya. Soalnya ada satu file yang sizenya lebih dari 4gb. Biasanya kalau download sendiri, kedua file ini sudah di split oleh uploadernya. Jadi gabungin dulu sebelum di konvert.

      Delete